silabus micro teaching

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : MI Kutowinangun

Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia

Kelas/Program                      : 3 / SD-MI

Semester                                 : II

Standar Kompetensi             :

  1. 5.      Memahami kalimat thayyibah (ta’awudz), al asma’ al husna (al-Baath, al-Walii, al-Mujib, dan al-Wahhab)
Kompetensi Dasar Materi Pokok dan Uraian Materi Kegiatan pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
–      Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (ta’awudz) –      Kalimat Thayyibah(Ta’awudz) –      Memperhatikan penjelasan guru tentang ta’awudz-      Menirukan lafal ta’awudz dengan bimbingan guru secara bersama-sama dengan benar dan fasih-      Melafalkan ta’awudz secara individu-      Melafalkan lafal ta’awudz secara individu dengan benar dan fasih

–      Menerapkan pengucapan kalimat thayyibah ta’awudz dalam kehidupan sehari-hari

–      Melafalkan kalimat thayyibah (ta’awudz)-      Mengartikan kalimat thayyibah (ta’awudz)-      Menerapkan pengucapan kalimat thayyibah (ta’awudz) dalam kehidupan sehari-hari –      Tes lisan-      Praktek-      Tes tertulis –      Unjuk kerja-      Subyektif –      Lafalkanlah kalimat thayyibah yang sudah kalian pelajari! 5-10 menit –      Wiyadi, 2009, Membina Akidah dan Akhlak: untuk kelas III madrasah Ibtidaiyah, (Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri)
 Karakter siswa yang diharapkan : Teliti, Antusia tinggi, Kerja keras, dan Tanggung jawab.

Kebumen,  Oktober 2012

Mengetahui,

Dosen PembimbingDrs. H. Daerobi, M.AgNIP. PraktikanAde Rahmawati ArnisaNIM.

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : MI Kutowinangun

Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia

Kelas/Program                      : 3 / SD-MI

Semester                                 : II

Standar Kompetensi             :

Membaca

  1. 7.      Memahami teks dengan membaca intensif (150-200) dan membaca puisi
Kompetensi Dasar Materi Pokok dan Uraian Materi Kegiatan pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
7.1.   Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif Teks bacaan –          Memperhatikan penjelasan guru terkait materi-          Membaca teks bacaan agak panjang secara intensif-          Mejawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan tersebut-          Mengajukan pertanyaan tentang isi teks bacaan agak panjang –          Membaca teks bacaan secara intensif-          Menjawab pertanyaan dari isi teks bacaan-          Mengajukan pertanyaan tentang isi tekas bacaan –      Tes lisan-      Praktek –      Unjuk kerja –      Bacalah teks bacaan agak panjang dengan intensif 5-10 menit –      Ismoyo dan Romiyatun. 2008. Aku Bangga Bahasa Indonesia: untuk Sekolah Dasar kelas 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008. Hlm: 80-83.-       Sudarmawati, dkk. Fokus Bahasa Indonesia: untuk SD/MI Kelas III Semester 2. Solo: CV. Sindunata. Hlm: 26.
 Karakter siswa yang diharapkan : Teliti, Antusia tinggi, Kerja keras, dan Tanggung jawab.

Kebumen,  Oktober 2012

Mengetahui,

Dosen PembimbingDrs. H. Daerobi, M.AgNIP PraktikanAde Rahmawati ArnisaNIM. 10.210221

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : MI Kutowinangun

Mata Pelajaran                      : Matematika

Kelas/Program                      : 3 / SD-MI

Semester                                 : II

Standar Kompetensi             :

Geometri dan Pengukuran

  1. 4.      Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
Kompetensi Dasar Materi Pokok dan Uraian Materi Kegiatan pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
7.2.   Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya Bangun datar –      Memperhatikan penjelasan guru tentang  bangun datar sederhana-      Menyebutkan bangun datar sederhana-      Menyebutkan sifat atau unsur bangun datar melalui media yang ditampilkan oleh guru-      Dengan berkelompok siswa memahami bangun datar sederhana yang telah dipelajari

–      Menggambar bangun datar sederhana sesuai sifat atau unsurnya secara individu

–      Menyebutkan bangun datar sederhana-      Menyebutkan sifat atau unsur bangun datar-      Menggambarkan bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya –      Tes tertulis –      Subjektif –      Sebutkan beberapa bangun datar sederhana! 5-10 menit –      Nur Fajariyah dan Devi Triratnawati. 2008. Cerdas Berhitung Matematika:untuk SD/MI Kelas 3.  Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008. Hlm: 149-158.
 Karakter siswa yang diharapkan : Teliti, Antusia tinggi, Kerja keras, dan Tanggung jawab.

Kebumen,  Oktober 2012

Mengetahui,

Dosen PembimbingDrs. H. Daerobi, M.AgNIP PraktikanAde Rahmawati ArnisaNIM. 10.210221

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s