LAPORAN KKN 2014

LAPORAN KELOMPOK
KULIAH KERJA NYATA (KKN) STAINU KEBUMEN
ANGKATAN XVIII TAHUN AKADEMIK 2013/2014
DI DESA KARANGSARI KECAMATAN BUAYAN

Nama Anggota Kelompok:
1. Ade Rahmawati Arnisa (10210221)
2. Afni Nursani (10210223)
3. Amtingatus Solikhah (10210225)
4. Assofiani (10210227)
5. Hifdyah Ratna Rahayu (10210238)
6. Inggit Anggorowati (10210240)
7. Agus Surawan (10210332)
8. Moh. Nurwahid (10210244)
9. Slamet Wahibi (2103859)

“Penguatan Loyalitas Desa Berlandaskan Nilai-nilai Islam Rahmatalil’alamin”

INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
(IAINU) KEBUMEN
TAHUN 2014

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN KELOMPOK PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA (KKN)
MAHASISWA IAINU KEBUMEN ANGKATAN XVIII
TAHUN AKADEMIK 2013/2014
DI DESA KARANGSARI KECAMATAN BUAYAN
KABUPATEN KEBUMEN TELAH DITELITI KEBENARANNYA SERTA DINYATAKAN SAH OLEH DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN (DPL) DAN KEPALA DESA KARANGSARI

DISAHKAN PADA :
HARI :…………………………………………………………..
TANGGAL :…………………………………………………………..

Kepala Desa Karangsari

Teguh Imam Santosa Dosen Pembimbing Lapangan

Siswanto, S.Ag M.Pd.I
NIK. 20060901092

KATA PENGANTAR

Bismillahi ar-Rahmani ar-Rahimi
Segala puji syukur senantiasa kami panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya yang telah diberikan, baik kenikmatan kesempatan, kesehatan dan nikmat iman, sehingga Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen angkatan XVIII di Desa Karangsari, Kecamatan Buayan telah berakhir dengan baik.
Dengan berakhirnya KKN IAINU Kebumen di Desa Karangsari Kecamatan Buayan, maka kami peserta KKN IAINU Kebumen yang berjumlah sembilan orang akan menyusun laporan kegiatan yang dilaksanakan, terhitung sejak tanggal 09 Desember s/d 09 Februari 2014.
Adapun tujuan disusunnya laporan ini adalah upaya kami peserta KKN untuk berpartisipasi dalam memperkuat kualitas keberagamaan masyarakat Buayan khususnya masyarakat Desa Karangsari yang pada dasarnya sebagian besar masyarakat Karangsari sudah memiliki jiwa keberagamaan yang sangat bagus. Namun program-program yang kami laksanakan tidak mungkin terlaksana tanpa adanya dukungan pemerintah setempat, tokoh, pemuka masyarakat, dan semua pihak yang terkait khususnya masyarakat Karangsari.
Oleh sebab itu, atas nama peserta KKN IAINU Kebumen di Desa Karangsari, Kecamatan Buayan mengucapkan banyak terimakasih kepada:
1. Rektor IAINU Kebumen, yang telah memberikan bimbingan serta lindungan dalam pelaksanaan kegiatan KKN.
2. Ketua P3M IAINU Kebumen, bapak HM. Bahrul Ilmie,S.Ag. M.Hum yang telah memberikan motivasi serta kontribusi terkait pelaksanaan kegiatan KKN
3. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), bapak Siswanto, S.Ag M.Pd.I, yang telah banyak membimbing kami demi terlaksananya kegiatan KKN
4. Camat Buayan, Supoyo,S.Sos beserta perangkat pemerintahan Kecamatan yang telah memberikan banyak membantu kami dalam memahami masyarakat karangsari serta bantuan pengetahuan dan pengalaman terkait kegiatan pemerintahan.
5. Kepala Desa Karangsari, Bapak Teguh Imam Santosa beserta keluarga yang senantisa memberikan masukan dan motivasi dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan.
6. Mahasiswa peserta KKN IAINU Kebumen Kecamatan Buayan khususunya pada teman-teman KKN di Desa Karangsari yang memberikan inspirasi dan kerjasamanya dalam menjalankan kegiatan KKN.
7. Semua pihak yang tidak bisa kami sebut satu persatu yang telah membantu mensukseskan kegiatan KKN di Desa Karangsari ini.
Akhirnya kami peserta KKN IAINU Kebumen di Desa Karangsari mengucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kehilafan selama beraktifitas dengan masyarakat.
Dalam penyusunan laporan ini kami sadar masih jauh dari kesempurnaan, oleh sebab itu kritik konstruktif demi perbaikan karya tulis kami di masa mendatang sangat kami harapkan. Laporan ini kami buat dengan sebaik-baiknya tanpa mengurangi akurasi dan kevalidan data yang ada. Kami tidak dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat, semoga amal baik bapak/ibu serta semua dan pemuda pemudi masyarakat karangsari mendapat balasan dari Allah SWT.

Kebumen, Maret 2014

Team KKN IAINU Kebumen
Angkatan XVIII Desa Karangsari

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI v
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Letak Biografi Desa 1
B. Monografi dan Demografi Desa 2
C. Keadaan Sosial Ekonomi Sekitar Desa 3
D. Keadaan Budaya Sekitar Desa 5
E. Keadaan Lembaga Sos. Keagamaan Masyarakat Desa 6
F. Lembaga Pemerintahan dan Lembaga Desa 6

BAB II OBSERVASI AWAL DAN RENNCANA PROGRAM KERJA 8
A. Identifikasi Masalah 8
1. Non fisik
2. Fisik
B. Program Kerja KKN di Desa Karangsari 10
1. Non fisik
2. Fisik
C. Faktor Penghambat dan Pendukung 18

BAB III PELAKSANAAN PROGRAM DAN PROBLEMATIKA 19
A. Tabulasi Hasil Kegiatan Program 19
1. Non fisik
2. Fisik
B. Faktor Penghambat dan Pendukung 27
C. Peran Serta Masyarakat dalam Pelaksanaan KKN 27
D. Solusi yang Ditawarkan dan Disepakati untuk Dilakukan 28

BAB IV LAPORAN HASIL PENYELUSURAN DATA PENELITIAN
TENTANG WAJAR DIKDAS 9 TAHUN
A. Desa 29
B. Upaya Masyarakat 29
C. Upaya Pendirian/Pengembangan Madrasah Diniyah 29
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan 31
B. Saran 31
C. Penutup 32
FOTO-FOTO KEGIATAN 33
LAMPIRAN – LAMPIRAN 34

BAB I
PENDAHULUAN

A. Letak Biografi Desa
Desa Karangsari merupakan salah satu dari 20 desa di Kecamatan Buayan yang terletak 5 Km ke arah utara dari kota Kecamatan.
Secara administratif Desa Karangsari dengan kondisi wilayah sebagai berikut:
Sebelah Utara : Desa Rogodono
Sebelah Timur : Desa Madureso dan Desa Gumawang Kec. Kuwarasan
Sebelah Selatan : DesaSikayu
Sebelah Barat : Desa Sikayu

Luas Desa Karangsari 131.081 Ha. Iklim Desa Karangsari sebagaimana desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai Iklim kemarau dan penghujan, hal ini mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Karangsari kecamatan Buayan.
Desa Karangsari mempunyai potensi dalam bidang perekonomian. Sebagian besar penduduk desa ini berprofesi di bidang usaha pertanian. Hal ini sangat berpengaruh dalam bidang pendidikan dan perekonomian. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan, sehingga banyak masyarakat masih mengesampingkan pendidikan dan lebih memprioritaskan bercocok tanam di kebun masing-masing ataupun bahkan kebanyakan pemuda pergi merantau ke kota. Fenomena ini bisa dilihat dari banyaknya orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan anak-anaknya
Pemerintahan desa bukan berarti tidak memperdulikan kemajuan di bidang pembangunan, akan tetapi sudah banyak usaha yang dilakukan oleh desa dalam hal membenahi dan memajukan sarana pendidikan dan infrastruktur Desa Karangsari tersebut. Namun usaha tersebut belum mencapai hasil yang maksimal seperti yang diharapkan. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin pedulinya pemerintahan desa dan masyarakat untuk memajukan desa dalam sektor pendidikan, kesehatan, perekonomian dengan cara mengusulkan bantuan dari pemerintah Kabupaten Kebumen.

B. Monografi dan Demografi Desa
Desa Karangsari memang memiliki wilayah yang cukup luas, namun luasnya wilayah belum diimbangi dengan jumlah penduduknya. Adapun jumlah penduduk Desa Karangsari dapat kita lihat pada tabel berikut :
Tabel 1
Data Jumlah Penduduk Desa Karangsari
RT RW I RW II
RT 01 196 276
RT 02 289 149
RT 03 183 108
RT 04 125 185
RT 05 218 107
JUMLAH 1011 815

Tabel 2
Tingkat Pendidikan
No Pendidikan Jumlah
1 Tidak Sekolah 0
2 Pra Sekolah 170
3 Tidak Tamat SD 52
4 Tamat SD 811
5 Tamat SLTP/Sederajat 502
6 Tamat SLTA 265
7 Tamat Diploma 43
8 Tamat Sarjana (S1) 19
9 Tamat Pasca Sarjana (S2) 0
10 Tamat Doktor (S3) 0

Table 3
Mata Pencaharian Pokok Penduduk Desa Karangsari
No Mata Pencaharian Jumlah / Orang
1 Petani 632 orang
2 Buruh 580 orang
3 Pegawai Negeri/Pensiunan 27 orang
4 Pengrajin 1 orang
5 Nelayan –
6 Montir –
7 Dokter –
8 POLRI/ABRI –
9 Perangkat Desa 9 orang
10 Sopir 4 orang
11 Wiraswasta 9 orang
12 Tukang kayu/Bangunan 37 orang
13 Pedagang 70 orang

C. Keadaan Sosial Ekonomi Sekitar Desa
Kondisi sosial masyarakat Desa Karangsari masih sangat tinggi, mereka masih menjunjung tinggi nilai-nilai kesusilaan. Kesosialan warga masyarakat dapat terlihat dari kegotong royongan dan tolong menolong yang masih sangat terjalin dengan baik antar warga. Hal ini menunjukkan adanya kerukunan warga masyarakat yang sangat mendominasi nilai-nilai sosial.

Sedangkan keadaan ekonomi masyarakat Karangsari sebagian besar adalah petani. Adapun potensi unggulan Desa Karangsari antara lain:
1. Bidang Perkebunan
Desa Karangsari termasuk desa yang potensial dalam bidang pertanian. Masyarakat Desa Karangsari pada umumnya adalah masyarakat penggarap ladang, dan sebagian kecil mengurus lahan pertanian. Hasil utama pertanian yang dihasilkan seperti ubi kayu, kapulaga, tales, ubi jalar, jagung, kelapa, kencur, kunyit, pisang, dan melinjo. Kegiatan lain yang sering dilakukan yaitu membudidayakan tanaman produktif yang diambil kayunya untuk dijual dan manfaatkan sebagai bahan bakar kebutuhan masak-memasak. Hasil dari perkubunan yaitu kayu glondong seperti jati, mahoni, kelapa, albasia, akasia, dll.
2. Bidang Peternakan
Dampak dari limpahan kekayaan alam akan kesuburan tanahnya, masyarakat DesaKarangsari selain memanfaatkan untuk kegiatan pertanian juga memanfaatkanya untuk kegiatan peternakan. Kegiatan peternakan yang dilakukan seperti : ternak sapi, kambing, ayam, lele. Kegiatan ini sangat menyokong perekonomian masyarakat baik kebutuhan sehari-harimaupun kebutuhan lain yang bersifat insidental sehingga kondisi lingkunganDesa Karangsari sangat mendukung untuk prospek kedepan.
Jumlah kepemilikan hewan ternak oleh penduduk Desa Karangsari Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen adalah sebagai berikut :
No Ternak Jumlah
1 Sapi 24 Ekor
2 Kerbau –
3 Babi –
4 Ayam 1278 Ekor
5 Bebek 75 Ekor
6 Kuda –
7 Kambing 216 Ekor
8 Puyuh –
9 Enthok 79 Ekor
10 Angsa 9 Ekor

3. Pertumbuhan Ekonomi
Sesuai dengan bidang desa yang merupakan daerah agraris, maka struktur ekonominya lebih dominan kepada sektor pertanian disamping sektor-sektor lainnya.Tingkat pertumbuhan diluar sektor unggulan (pertanian) dapat berkembang apabila adanya perhatian yang lebih dari pemerintah daerah dengan membuka akses pemasaran yang mudah dijangkau oleh masyarakat diluar Desa Karangsari ini.Selain itu pembinaan dalam rangka mensosialisasikan pertumbuhan ekonomi juga berpengaruh.Adanya pembentukan di Desa Karangsari diharapkan dapat meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat khususnya dibidang perekonomian.

D. Keadaan Budaya Sekitar Desa
Sebagaimana masyarakat pedesaan pada umumnya, masyarakat Desa Karangsari adalah masyarakat yang masih menjunjung tinggi tradisi lama yang masih melestarikan budaya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Budaya gotong-royong senantiasa tampak pada kehidupan sehari-hari, hal ini mencerminkan tingginya rasa solidaritas dan sosial masyarakat.
Budaya indigenous masyarakat pedesaan yang patut dipertahankan ini tercerminkan dalam kebiasaan bantu-membantu antara satu dengan yang lainnya. Budaya gotong royong dilakukan dalam menyelesaikan pekerjaan, baik yang berkaitan dengan kebutuhan pribadi maupun kelompok, seperti kerja bhakti membersihkan lingkungan desa, memanen hasil pertanian serta mengolah lahan pertanian, membangun rumah ataupun tempat-tempat umum dan ibadah serta sambatan dalam acara hajatan ataupun bantu-membantu bila ada yang terkena musibah. Rasa toleransi beragama antar warga masyarakat menjadi suatu sikapyang tetap terabadikan dalam jiwa kehidupan masyarakat Desa Karangsari. Heterogenitas keberagamaan masyarakat yang ada, tidak sampai mencetuskan rasa permusuhan antar pengikutnya sehingga kesatuan dan keutuhan masyarakat tetap kokoh.
Budaya yang ada di Desa Karangsari sebagian besar masih mengikuti adat istiadat dari orang tua yang diambil dari kebiasaan penduduk asli Desa Karangsari ataupun dari budaya keagamaan. Adat istiadat di Desa Karangsari juga masih dilestarikan dengan baik, seperti adat dalam upacara perkawinan, kelahiran, kematian, pengelolaan hutan, pengelolaan tanah pertanian dan adat dalam memecahkan konflik warga.
Sedangkan seni budaya lama yang berkembang di Desa Karangsari adalah jam janeng dan rebana klasik dan karawitan. Antusias masyarakat dalam mengikuti seni budaya tersebut sangat baik, hal dikarenakan budaya yang ada merupakan warisan nenek moyang daerah setempat. Untuk mewariskan seni budaya ini, para sesepuh yang ahli dalam memainkan seni budaya tersebut melakukan bimbingan kepada generasi muda terutama pada anak-anak tingkat sekolah dasar. Selain itu setiap malam minggu masyarakat juga berlatih dalam rangka menumbuhkembangkan budaya-budaya tersebut agar tetap lestari.

E. Keadaan Lembaga Sosial Keagamaan Masyarakat Sekitar Desa
Masyarakat Desa Karangsari hampir 80% beragama Islam. Sikap keberagamaan masyarakat karangsari sangat baik, hal ini terbukti dari kegiataan keberagamaan yang ada seperti Yasinan, Tahlilan, Shalawat al-Barzanji, Nariyahan dan juga pengajian Selapanan rutin dll. Untuk anak-anak rutinitas mengaji di TPQ ataupun majlis ta’lim juga dilaksanakan di dukuh masing-masing baik di masjid maupun di mushola. Organisasi keagamaan yang berkembang di masyarakat terbagi dalam organisasi besar yaitu Nahdlatul Ulama (NU). Melihat adanya organisasi tersebut, kehidupan masyarakat semakin terlihat keanekaragaman dalam kehidupan keberagamaannya.
Wilayah di Desa Karangsari sudah diadakan kelompok yasinan ibu-ibu dan bapak-bapak yang dilaksanakan secara rutin pada hari yang telah ditentukan dan disepakati oleh warga masyarakat. Kegiatan yasinan dilakukan secara bergilir dari rumah yang satu ke rumah yang lainnya sesuai dengan kesepakatan.

F. Lembaga Pemerintahan dan Lembaga Desa
Susunan pejabat pemerintahan Desa Karangsari meliputi Kepala Desa , Sekertaris Desa, Kaur, Kadus, RW, RT, Pengurus BPD, LKMD, dan pengurus PKK.
Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan warga, pemerintah Desa Karangsari melakukan pembinaan dan penyuluhan serta pelayanan kesehatan dan Posyandu.
Kebutuhan esensial akan pendidikan dan keamanan warganya maka Desa Karangsari juga memiliki fasilitas pendidikan dan keamanan sebagai berikut:
1. Fasilitas Pendidikan, yakni:
a. Pendidikan Anak Usia Dini/PAUD
b. Taman Kanak-kanak/TK
c. Madrasah Diniah/Madin
d. Sekolah Dasar/SD
2. Fasilitas Keamanan, yakni Poskamling.
Gedung pemerintahan dan lembaga Desa
Balai Desa : 1 lokal
Kantor Desa : 1 lokal
Gedung PKK : 1 lokal
Gedung GAPOKTAN : 1 lokal

BAB II
OBSERVASI AWAL DAN RENCANA PROGRAM KERJA

A. Identifikasi Masalah
Kegiatan KKN IAINU Kebumen Angkatan XVIII Tahun Akademik 2013-2014 mengambil tema “Penguatan Loyalitas Desa Berdasarkan Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil’alamin”. Mengacu pada tema tersebut, maka kegiatan yang kami adakan memfokuskan pada kegiatan yang memiliki efek untuk meningkatkan kualitas keagamaan dan kesejahteraan masyarakat.
Setelah melakukan observasi di lapangan selama kurang lebih satu minggu terhitung mulai tanggal 9 – 14 Desember, untuk mengetahui situasi dan kondisi serta mengidentifikasi permasalahan yang ada di Desa Karangsari dengan metode pendekatan masyarakat. Melalui pendekatan tersebut kami mendapatkan beberapa permasalahan yang perlu untuk dipecahkan dan ditindak lanjuti.
Bila dilihat secara geografis, Desa Karangsari terletak dibagian utara Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Desa Karangsari merupakan desa dimana infrastrukturnya masih terbatas, hal tersebut dikarenakan jauh dari perkotaan. Disisi lain karena lokasi desa ini termasuk daerah perbukitan, kondisi tanahnya yang subur menjadikan potensi pertanian semakin bagus. Kehidupan warga desa, mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani dan penggarap ladang. Adapun potensi sumber daya alam di Desa Karangsari adalah hasil pertanian, seperti singkong, air nira, melinjo, kangkung, bayam hijau, ayam, kambing, sapi, dan ain-lain.
Mayoritas masyarakat Desa Karangsari memenuhi kebutuhan minum dengan memanfaatkan aliran mata air pegunungan. Maka dari itu, sudah selayaknya untuk senantiasa menjaga mata air tersebut agar tidak kering atau habis di waktu musim kemarau.
Kebersihan lingkungan desa khususnya gorong-gorong atau di buat pamsimas di sekitar mata air tersebut dilakukan secara rutin. Rutinitas tersebut dilakukan khusus bagi warga yang memanfaatkan sumber air itu. Hal ini ditujukan agar sumber air yang mengalir tetap bisa digunakan sepanjang musim kemarau. Sedangkan kebersihan lingkungan secara umum dilakukan pada masing-masing dusun setiap satu bulan sekali.
Dukungan Kepala Desa Karangsari dan perangkat desa setempat memberikan apresiasi yang tinggi dengan adanya agenda ini. Beliau juga menyadari bahwa maju mundurnya Desa Karangsari tidaklah lepas dari sejauh mana kontribusi/peranserta pemuda terhadap Desa Karangsari itu sendiri.
Melihat berbagai macam persoalan masyarakat yang ada, KKN IAINU Kebumen di Desa Karangsari berusaha memberikan jalan keluar melalui program sektoral dan lintas sektoral. Program yang kami suguhkan bersifat fisik maupun non fisik untuk meminimalisir ataupun mengatasi persoalan tersebut. Program kegiatan sektoral yang kami adakan memfokuskan pada peningkatan keagamaan masyarakat, khususnya masyarakat yang paling membutuhkan syiar agama tanpa mengesampingkan keikutsertaan kami dalam kegiatan keagamaan di masyarakat yang sudah ada. Sedangkan dalam program lintas sektoral, kegiatan yang kami agendakan secara general untuk warga masyarakat Desa Karangsari yang lebih lanjutnya pada lampiran rencana program KKN IAINU Kebumen.
Dalam rangkamenyusun program rencana kegiatan, peserta KKN menganalisis dan mengadakan survey. Sesuai hasil observasi lapangan, maka kelompok KKN IAINU Desa Karangsari menganalisis sebagai berikut:
a. Menganalilis kebutuhan masyarakat desa
b. Menganalisis kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa
c. Meninjau dukuh-dukuh yang ada di Desa Karangsari mengevaluasi keadaan keberagamaan masyarakat desa
d. Mendata pencaharian masyarakat setempat dan penghasilan masyarakat.
e. Mendata masalah yang ada dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat desa.
f. Menganalisis pemanfaatan sumber daya yang ada di masyarakat.

B. Program Kerja KKN Di Desa Karangsari
Program Kerja
KKN IAINU Kebumen Angkatan XVIII Tahun 2013/2014

No Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Targert Kegiatan Biaya Estimasi Waktu Tempat Kegiatan P.Jawab
Minggu
I II
1 2 3 4 5 6 7 8 9
1 SEKTORAL FISIK
a. Sertifikasi Tanah Wakaf Mushola Legalisasi Tanah Wakaf Mushola Desa Karangsari Donatur Mushola Desa Karangsari Muh. Nurwahid
b. Tamanisasi Tempat Ibadah Untuk memeperindah masjid/Mushola Masjid dan Mushola Desa Karangsari Mahasiswa KKN Masjid/Mushola Desa Karangsari Afni Nursani
c. Pemberian Nadhom Asmaul Husna Untuk mempermudah masyarakat dalam menghafal Asmaul Husna Jamaah mushola Al-Amin Mahasiswa KKN Mushola Al-Amin
d. Pemasangan papan ta’mir masjid dan mushola Untuk mewujudkan ketertiban administrasi masjid dan mushola Masjid dan Mushola Desa Karangsari Desa Masjid dan Mushola Desa Karangsari All Mahasiswa KKN
e. Pembuatan kaligrafi Untuk memperindah mushola Mushola Al-Falah Mahasiswa KKN Mushola Al-Falah Agus Surawan
2 SEKTORAL NON FISIK
a. Kegiatan TPQ Menumbuhkan motivasi belajar para santri Santri-santriwati Mushola Al-Falah TPQ Al-Falah All Mahasiswa KKN
b. Kegiatan MADIN Menumbuhkan motivasi belajar para santri Santri-santriwati Al-Abror MADIN All Mahasiswa KKN
d. Yasinan/Tahlilan Menjalin ukhuwah Islamiyah warga masyarakat Jama’ah yasinan per RT Masjid Darul Ma’wa All Mahasiswa KKN Putra
e. Pengajian Rutin Majelis Ta’lim Al-Hikmah Menghidupkan budaya silaturahmi Jama’ah MT Al-Hikmah Masjid Darul Ma’wa All Mahasiswa KKN Putri
f. Peringatan Maulid Nabi Memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW Warga desa Karangsari Masjid/Mushola Desa Karangsari Hifdyah Ratna Rahayu
Pembelajaran Qiroah Melatih teknik seni baca Al-Qur’an Anak-anak desa Karangsari Posko KKN IAINU Kebumen Agus Surawan
Hifdyah Ratna Rahayu

3 LINTAS SEKTORAL FISIK
a. Pengajuan Proposal Pembronjongan Aliran Sungai Jati Negara Untuk mengurangi erosi tanah ladang warga Sungai Jati Negara Donatur Sungai Jati Negara Slamet Wahibi
b. Kerja Bakti (Pengecoran jalan RT.04 ) Memberikan Kenyamanan pengguna jalan Jalan Dukuh Karang Kumbang RT.04 Donatur Dukuh Karang Kumbang RT.04 All Mahasiswa KKN
c. Pemberian biji/bibit bayam hijau Agar para peserta pkk dapat menanam bayam yang berguna untuk pemenuhan gizi keluarga Peserta PKK desa Karangsari Mahasiswa KKN Balai Desa Karangsari Afni Nursani
4 LINTAS SEKTORAL NON FISIK
a. Mengikuti kegiatan PKK Tukar pengalaman dengan ibu-ibu desa Karangsari Ibu-ibu PKK desa Karangsari Balai Desa Karangsari All Mahasiswa KKN Putri
b. Membantu di PEMDES Meringankan kinerja PEMDES Pemerintah Desa Karangsari Balai Desa Karangsari All Mahasiswa KKN
c. Penyuluhan Peternakan Memberikan wawasan terkait ternak Warga desa Karangsari Donatur Balai Desa Karangsari Muh. Nurwahid
d. Pengobatan geratis Memberikan pelayanan pengobatan gratis Warga desa Karangsari Donatur Balai Desa Karangsari Slamet Wahibi
e. Mengisi Kegiatan di PAUD Berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman Guru dan Peserta Didik PAUD Mekarsari PAUD Mekarsari Karangsari All Mahasiswa KKN Putri
f. Mengisi Kegiatan di TK Berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman Guru dan Peserta Didik TK Pertiwi TK Pertiwi Karangsari All Mahasiswa KKN Putri
g. Pendataan Warga Karangsari Database warga desa Karangsari Data warga Karangsari per RT Mahasiswa KKN &PEMDES Balai Desa Karangsari Hifdyah Ratna Rahayu
h. Penyuluhan Tentang Budidaya Dan Manfaat Bayam Memberikan wawasan terkait budidaya dan manfaat bayam Peserta PKK Desa Karangsari Mahasiswa KKN Balai Desa Karangsari Assofiani
i. Penyuluhan Tentang Budidaya Dan Manfaat TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Memberikan wawasan terkait budidaya dan manfaat TOGA Anak-anak desa karang sari Mahasiswa KKN Posko KKN IAINU Kebumen Afni Nursani
Ade Rahmawati Arnisa
Amtingatus Solikhah
Assofiani
Inggit Anggorowati
j. Pelatihan JARIMATIKA Berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman kepada anak-anak untuk mempermudah dalam belajar MATEMATIKA Anak-anak desa karang sari Mahasiswa KKN Posko KKN IAINU Kebumen Mohamad Nurwahid
k. Bimbel Bahasa Inggris Berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman kepada anak-anak untuk mempermudah dalam belajar Bahasa Inggris Anak-anak desa karang sari Mahasiswa KKN Posko KKN IAINU Kebumen Assofiani
Inggit Anggorowati
l. Pelatihan TIK Mengenalkan ilmu-ilmu TIK Anak-anak Desa Karangsari Mahasiswa KKN Posko KKN Ade Rahmawati A
Slamet Wahibi

m. Pelatihan Keteramplan Menggunakan Kain Flanel Memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang keterampilan menggunakan kain flanel Anak-anak desa Karangsari Mahasiswa KKN Posko KKN IAINU Amtingatus Solikhah
Afni Nursani
n. Penyuluhan kanker serviks Memberikan pengetahuan tentang penyakit kanker serviks PosyanduKarangsari Mahasiswa KKN Rumah warga
Amtingatus Solikhah
Assofiani
Inggit Anggorowati

o. Pelatihan seni musik Memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang keterampilan menggunakan alat-alat musik Anak-anak Desa Karangsari Mahasiswa KKN Posko KKN IAINU Mohamad Nurwahid
p. Minggu Sehat Menciptakan Budaya Hidup Sehat Anak-anak Desa Karangsari Mahasiswa KKN Lingkungan Desa Karangsari All Mahasiswa KKN IAINU Kebumen

C. Faktor Penghambat dan Pendukung
1. Faktor Penghambat
Dalam pelaksanaan program KKN, tidak terlepas dari faktor penghambat. Adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Akses jalan banyak yang menanjak dan berkelok.
b. Jarak tempuh yang cukup jauh sehingga menguras tenaga dan menimbulkan rasa lelah.
c. Kesibukan sebagian warga masyarakat di ladang, hutan, maupun sawah seringkali menimbulkan rasa capek sehingga cenderung memilih untuk istirahat dan tidak mengikuti kegiatan yang dilaksaanakan mahasiswa KKN.
2. Faktor Pendukung
Selain disebutkan faktor penghambat, ada juga faktor pendukung kegiatan sehingga bisa berjalan dengan lancar, diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Dukungan perangkat desa dan sebagian besar warga masyarakat terhadap program yang ditawarkan.
b. Jalinan komunikasi dan silaturahmi yang baik sehingga memudahkan untuk melaksanakan program.
c. Sikap kegotongroyongan dan kekeluargaan warga masyarakat yang tinggi.
d. Kekompakan warga masyarakat dalam melaksanakan suatu kegiatan.
e. Sikap pejabat pemerintahan desa yang baik dan bijaksana.
f. Hubungan kedekatan antara mahasiswa KKN dengan warga masyarakat yang seolah-olah seperti keluarganya sendiri.

BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM DAN PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI

A. Tabulasi Hasil Kegiatan Program
RENCANA PROGRAM KERJA
KKN ANGKATAN XVIII IAINU KEBUMEN
Desa : Karangsari
Kecamatan : Buayan
No Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Targert Kegiatan Pembiyayan Estimasi Waktu Tempat Kegiatan P.Jawab
Keterangan
Minggu
I II Terlaksana Tdk terlaksana
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
1 SEKTORAL FISIK
a. Sertifikasi Tanah Wakaf Mushola Legalisasi Tanah Wakaf Mushola Desa Karangsari Donatur Mushola Desa Karangsari Muh. Nurwahid √
b. Tamanisasi Tempat Ibadah Untuk memeperindah masjid/Mushola Masjid dan Mushola Desa Karangsari Mahasiswa KKN Masjid/Mushola Desa Karangsari Afni Nursani √
c. Pemberian Nadhom Asmaul Husna Untuk mempermudah masyarakat dalam menghafal Asmaul Husna Jamaah mushola Al-Amin Mahasiswa KKN Mushola Al-Amin √
d. Pemasangan papan ta’mir masjid dan mushola Untuk mewujudkan ketertiban administrasi masjid dan mushola Masjid dan Mushola Desa Karangsari Desa Masjid dan Mushola Desa Karangsari All Mahasiswa KKN √
2 SEKTORAL NON FISIK
a. Kegiatan TPQ Menumbuhkan motivasi belajar para santri Santri-santriwati Mushola Al-Falah
TPQ Al-Falah All Mahasiswa KKN √
b. Kegiatan MADIN Menumbuhkan motivasi belajar para santri Santri-santriwati Al-Abror MADIN All Mahasiswa KKN √
c. Yasinan/Tahlilan Menjalin ukhuwah Islamiyah warga masyarakat Jama’ah yasinan per RT Masjid Darul Ma’wa All Mahasiswa KKN Putra √
d. Pengajian Rutin Majelis Ta’lim Al-Hikmah Menghidupkan budaya silaturahmi Jama’ah MT Al-Hikmah Masjid Darul Ma’wa All Mahasiswa KKN Putri √
e. Peringatan Maulid Nabi Memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW Warga desa Karangsari Masjid/Mushola Desa Karangsari Hifdyah Ratna Rahayu √
f. Pembelajaran Qiroah Melatih teknik seni baca Al-Qur’an Anak-anak desa Karangsari
Posko KKN IAINU Kebumen Agus Surawan
Hifdyah Ratna Rahayu √
3 LINTAS SEKTORAL FISIK
a. Pengajuan Proposal Pembronjongan Aliran Sungai Jati Negara Untuk mengurangi erosi tanah ladang warga Sungai Jati Negara Donatur Sungai Jati Negara Slamet Wahibi √
b. Kerja Bakti (Pengecoran jalan RT.04 ) Memberikan Kenyamanan pengguna jalan Jalan Dukuh Karang Kumbang RT.04 Donatur Dukuh Karang Kumbang RT.04 All Mahasiswa KKN √
c. Pemberian biji/bibit bayam hijau Agar para peserta pkk dapat menanam bayam yang berguna untuk pemenuhan gizi keluarga Peserta PKK desa Karangsari Mahasiswa KKN Balai Desa Karangsari Afni Nursani √
4 LINTAS SEKTORAL NON FISIK
a. Mengikuti kegiatan PKK Tukar pengalaman dengan ibu-ibu desa Karangsari Ibu-ibu PKK desa Karangsari
Balai Desa Karangsari All Mahasiswa KKN Putri √
b. Membantu di PEMDES Meringankan kinerja PEMDES Pemerintah Desa Karangsari Balai Desa Karangsari All Mahasiswa KKN √
c. Penyuluhan Peternakan Memberikan wawasan terkait ternak Warga desa Karangsari Donatur Balai Desa Karangsari Muh. Nurwahid √
d. Pengobatan geratis Memberikan pelayanan pengobatan gratis Warga desa Karangsari Donatur Balai Desa Karangsari Slamet Wahibi √
e. Mengisi Kegiatan di PAUD Berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman Guru dan Peserta Didik PAUD Mekarsari PAUD Mekarsari Karangsari All Mahasiswa KKN Putri √
f. Mengisi Kegiatan di TK Berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman Guru dan Peserta Didik TK Pertiwi TK Pertiwi Karangsari All Mahasiswa KKN Putri √
g. Pendataan Warga Karangsari Database warga desa Karangsari Data warga Karangsari per RT Mahasiswa KKN & PEMDES Balai Desa Karangsari Hifdyah Ratna Rahayu √
h. Penyuluhan Tentang Budidaya Dan Manfaat Bayam Memberikan wawasan terkait budidaya dan manfaat bayam Peserta PKK Desa Karangsari Mahasiswa KKN Balai Desa Karangsari Assofiani √
Penyuluhan Tentang Budidaya Dan Manfaat TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Memberikan wawasan terkait budidaya dan manfaat TOGA

Anak-anak desa karang sari Mahasiswa KKN

Posko KKN IAINU Kebumen

Afni Nursani
Ade Rahmawati Arnisa
Amtingatus Solikhah
Assofiani
Inggit Anggorowati √
i. Pelatihan JARIMATIKA Berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman kepada anak-anak untuk mempermudah dalam belajar MATEMATIKA Anak-anak desa karang sari Mahasiswa KKN Posko KKN IAINU Kebumen Mohamad Nurwahid √
j. Bimbel Bahasa Inggris Berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman kepada anak-anak untuk mempermudah dalam belajar Bahasa Inggris Anak-anak desa karang sari Mahasiswa KKN Posko KKN IAINU Kebumen Assofiani
Inggit Anggorowati √
k. Pelatihan TIK Mengenalkan ilmu-ilmu TIK Anak-anak Desa Karangsari Mahasiswa KKN Posko KKN Ade Rahmawati A
Slamet Wahibi

l. Pelatihan Keteramplan Menggunakan Kain Flanel Memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang keterampilan menggunakan kain flanel Anak-anak desa Karangsari Mahasiswa KKN Posko KKN IAINU Amtingatus Solikhah
Afni Nursani √
Minggu Sehat Menciptakan Budaya Hidup Sehat Anak-anak Desa Karangsari Mahasiswa KKN Lingkungan Desa Karangsari All Mahasiswa KKN IAINU Kebumen √

B. Faktor Penghambat dan Pendukung
1. Faktor Penghambat
a. Kesibukan masyarakat yang padat sehingga sulit untuk berkomunikasi. Melihat kondisi yang sebagian besar bermata pencaharian petani kebun, sehingga kami merasa kesulitan untuk melakukan interview terkait dengan kondisi desa setempat.
b. Keterbatasan mahasiswa dalam menjangkau medan yang sulit. Mahasiswa yang mayoritas belum terbiasa melewati jalan pegunungan

2. Faktor Pendukung
Adapun beberpa faktor yang ikut mendukung keberhasilan program KKN adalah sebagai berikut :
a. Adanya keterbukaan dari perangkat desa serta tokoh masyarakat untuk memberikan informasi-informasi yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi masyarakat.
b. Adanya partisipasi dari semua lapisan masyarakat, baik dari perangkat desa, ketua RT/RW, tokoh agama dan para pemuda yang begitu besar sangat antusias dalam menyambut kegiatan yang kami adakan.
c. Adanya bantuan dari para donatur baik secara pribadi maupun instansi cukup membantu kami dalam melaksanakan kegiatan

C. Peran Serta Masyarakat dalam Pelaksanaan KKN
Sambutan masyarakat Desa Karangsari sangat hangat dan baik. Keramahtamahan terlihat saat peserta KKN melakukan observasi awal. Berbagai saran, masukan, dan informasi banyak kami terima dari Desa dan masyarakat setempat.
Dalam pelaksanaan KKN, masyarakat Desa Karangsari sangat berperan penting dalam terlaksananya program. Masyarakat Karangsari aktif dalam menyambut semua program yang dilaksanakan KKN baik sektoral maupun lintas sektoral. Berbagai bantuan fisik dan peralatan yang mendukung berjalannya program dengan senang hati diberikan tanpa mengharap balasan apapun dari peserta KKN.
Dalam kegiatan sektoral baik Fisik maupun Non-Fisik peserta KKN di sambut dengan baik, sehingga kami dapat mengikuti semua kegiatan keagamaan dengan lancar. Kegiatan rutin di Desa Karangsari seperti yasinan dan Tahlil, Kerja Bakti, Posyandu dll. Taman Pendidikan Qur’an dapat kami ikuti. Program wajib dari kelompok kami untuk aktif meramaikan mushola dengan tujuan menghilangkan buta aksara Arab dan meningkatkan kemampuan membaca Al qur’an.

D. Solusi yang ditawarkan dan disepakati untuk dilakukan
a. Berkaitan dengan program yang kami adakan, sebelumnya kami telah berdiskusi dengan Kepala Desa dan dan para tokoh masyarakat setempat untuk mengetahui apa keinginan masyarakat Desa Karangsari. Dari segi jiwa keberagamaan, masyarakat Desa Karangsari masih meinginkan belajar agama yang lebih dalam, itu semua bisa dilihat dari masyarakat Desa Karangsari yang masih mengikuti pengajian, baik tua, muda, ibu-ibu, bapak-bapak, dan anak-anak, dan yang tidak mau ketinggalan adalah nenk-nenek. Permasalahan yang dihadapi yaitu ada pada kurangnya da’i dan para pengajar.
b. Sebagian besar masyarakat Desa Karangsari memiliki mata pencaharian sebagai petani, pedagang. Kesempatan mereka untuk saling menyapa antar anggota keluarga, tetangga, dan teman tersita oleh waktu dan kesibukan masing-masing. Kerukunan warga yang sudah tertanam dari para orang tua seolah meregang dikalangan para pemuda dan pemudinya. Oleh sebab itu, semua program yang kami adakan bertujuan untuk merekatkan kembali tali silaturahmi masyarakat Desa Karangsari sehingga kerukunan dan kebersaman tetap lestari walau zaman berganti. Solusi dari permasalah tersebut, kami membuat program lintas sektoral Fisik seperti Kerja bakti. Selain itu, di kegiatan sektoral kami menambahkan bimbingan sholat dan hafalan Shalat dan penyuluhan agama.

BAB IV
LAPORAN HASIL PENYELUSURAN DATA PENELITIAN
TENTANG WAJAR DIKDAS 9 TAHUN

A. Desa
Berdasarkan penyelusuran yang kami lakukan dimasyarakat dan wawancara dengan beberapa aparat desa tentang wajar dikdas 9 tahun, kami mendapatkan informasi bahwa anak-anak Desa Karangsari yang menempuh wajar dikdas 9 tahun sudah mencapai lebih dari 90 %. Jadi program pemerintah wajar dikdas 9 tahun sudah berjalan dengan baik di Desa Karangsari. Di Desa Karangsari sendiri sudah terdapat 1 sekolah dasar, yaitu SD N Karangsari. Anak-anak Karangsariyang sudah menyelesaikan pendidikannya di SD, kemudian sebagian besar dari mereka melanjutkan pendidikannya di SMP/MTs, swasta maupun negeri. Hanya sebagian kecil yang tidak melanjutkan ke SMP/MTs. Akan tetapi setelah SMP jarang dari mereka yang meneruskan ke jenjang berikutnya.

B. Upaya Masyarakat
Upaya masyarakat dalam mendukung keberhasilan penuntasan wajar 9 tahun diwujudkan dalam kerjasama antara tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Karangsari. Tokoh agama di Desa Karangsari berperan serta kegiatan TPQ yang diselenggarakan di SDN Karangsari setiap hari Sabtu.
Untuk menuntaskan wajar 9 tahun juga diperlukan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Sebagian besar masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya mengenyam pendidikan. Masyarakat mendapatkan motivasi melalui penyuluhan tentang wajar 9 tahun, agar menghasilkan masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan.

C. Upaya Pendirian / Pengembangan Madrasah Diniyah/ TPQ
Madrasah diniyah SUDAH berdiri di Desa Karangsari yaitu di Dusun Trenggulun RT 04 RW 01 dengan nama “Madin Al Abror”. Madin Al Abror ini sudah memiliki NISM, Dengan demikian kami mahasiswa KKN IAINU Kebumen Angkatan XVIII tahun 2013/2014 hanya melakukan pengembangannya. Adapun upaya pengembangannya yaitu melalui kegiatan yang meliputi: Baca tulis Al-Qur’an, Tajwid, Sejarah Islam/Tarikh dan usaha penyadaran wali santri untuk mendukung kegiatan Madrasah Diniyah Al Abror.

BAB V
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Dari laporan yang telah disusun oleh peserta KKN dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Peserta KKN selama bertugas di Desa Karangsari mendapat sambutan yang baik dari semua lapisan masyarakat. Dan dapat memberikan motivasi dan semangat baru bagi warga untuk mencari dan belajar, khususnya belajar ilmu keagamaan.
2. Program kerja KKN IAINU Kebumen di Desa Karangsari mendapat dukungan dan partisipasi yang sangat besar dari semua masyarakat baik program sektoral maupun program lintas sektoral.
3. Dengan berakhirnya KKN IAINU Kebumen dirasa masih banyak hal-hal yang perlu perbaikan.

B. SARAN
Saran ini dimaksudkan untuk pengembangan dan peningkatan pelaksanaan KKN di masa yang akan datang.
1. KKN merupakan bagian pelaksanaan aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik, sehingga diharapkan semua mahasiswa melaksanakan KKN dengan semangat dan penuh dedikasi yang tinggi dalam rangka mengembangkan tugas dari Perguruan Tinggi.
2. Kepada pihak Perguruan Tinggi mohon KKN yang akan datang pembekalan dilaksanakan secara berkala, tidak hanya 1 minggu, sehingga mahasiswa benar-benar matang dalam terjun ke masyarakat .
3. Kepada pihak Perguruan Tinggi diharapkan, tahun mendatang peserta KKN ada yang di tempatkan kembali di Desa Karangsari, agar apa yang telah kami laksanakan di Desa Karangsari ada tindak lanjut dan tidak mengalami kemandekan.
Demikian saran dari peserta KKN IAINU Kebumen Tahun Akademik 2013 yang membangun, bukan untuk mencari kesalahan dan kekurangan, bukan pula mengurangi tetapi semata-mata acuan dan koreksi kepada kami dan semua pihak yang terkait dalam rangka untuk kemaslahatan, kemajuan, dan keberhasilan bersama.
C. PENUTUP
Alhamdulillahirobil a’lamin, berkat Taufik Hidayah dan Inayah Allah SWT,KKN IAINU Kebumen di Desa Karangsari Kecamatan Buayan telah selesai. Segala aktifitas dapat dilaksanakan dengan baik selama 2 bulan dimulai dari tanggal 09 Desember 2013 s/d 09 Februari 2014. Selama kurang lebih 60 hari kami bersama masyarakat Desa Karangsari bergelut dengan program dan kegiatan banyak kekhilafan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami berharap semoga apa yang telah dilaksanakan oleh peserta KKN di Desa Karangsari dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan dapat dikembangkan oleh Desa setempat serta berguna bagi nusa, bangsa, dan agama serta mendapat ridho Allah SWT. Amiin ya robbal alamin.

FOTO-FOTO KEGIATAN

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s